Kristus Telah Menyempurnakan

Bacaan: Ibrani 10:1-18
Kunci Sukses: Hanya oleh darah Yesus dosa kita dapat diampuni.
Memperdalam akar iman: "Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan." (Ibrani 10:14)
Bacaan Alkitab Setahun: Ayub 1-2; Yudas

Puncak dari maha karya Allah dalam penyelamatan manusia ialah penyaliban Kristus. Dengan penyaliban Kristus ini, Allah telah menyediakan semuanya: kesehatan, kesembuhan, kelepasan, kelimpahan, dan keselamatan. Allah tidak perlu bertindak lagi untuk memenuhi semuanya ini. Manusia hanya tinggal menerapkan apa yang Allah sudah sediakan. Ketika Ia berada di kayu salib, semuanya telah tergenapi. Ia mengorbankan diri-Nya bagi keselamatan manusia yang mau percaya kepada-Nya. Kristus telah menyempurnakan karya Allah dengan mengorbankan diri-Nya. Sebelum Kristus menyerahkan nyawa-Nya kepada Bapa, Ia berkata: "Sudah selesai". (Yohanes 19:30). Ini berarti bahwa tugas Kristus untuk manusia telah selesai, dan manusia hanya tinggal menikmati segala sesuatu yang baik dari Dia.

Nabi Yesaya dengan sangat tepat menubuatkan tentang penyaliban Kristus serta penderitaan-Nya, kira-kira tujuh ratus tahun sebelum penyaliban Kritus terjadi (baca Yesaya 53:1-12). Tetapi sayang, banyak manusia meremehkan dan tidak mau menerima apa yang Allah sudah sediakan. Mereka tetap memilih jalan mereka sendiri. Firman Tuhan dengan jelas menyatakan: 'Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan." (Ibrani 9:22). Dan dalam sejarah manusia, adakah suatu kuasa atau penguasa yang bisa mengampuni dosa manusia?

Karena itu sungguh benar yang firman Tuhan katakan: "Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan. Dan tentang hal itu Roh Kudus juga memberi kesaksian kepada kita, sebab setelah Ia berfirman: "Inilah perjanjian yang akan Kuadakan dengan mereka sesudah waktu itu, "Ia berfirman pula: "Aku akan menaruh hukum-Ku di dalam hati mereka dan menuliskannya dalam akal budi mereka, dan Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan kesalahan mereka." (Ibrani 10:14-17). Ayat ini dengan jelas menyatakan dengan pengorbanan Kristus, maka segala kesalahan dan dosa kita tidak lagi diingat Tuhan, artinya kita telah diampuni Tuhan. Yesus berkata. "Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa." (Matius26:28).

Renungan Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar