Kebahagiaan

Bacaan: Mazmur 112:1-10
Kunci Sukses: Mazmur 145:18
Memperdalam akar iman: ""Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya." (Mazmur 112:1)
Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 9-10; Yoh 2

Ada banyak pendapat tentang bahagia. Ada orang yang merasa bahagia bila dia kaya dan punya kedudukan. Ada orang yang merasa bahagia bila punya ilmu tinggi dan ada juga orang  yang merasa bahagia bila dia bisa membantu dan menyenangkan orang lain. Tetapi bagi kita sebagai umat Tuhan, ada satu kebahagiaan yang lain dari kebahagiaan yang lain, karena kebahagiaan ini dilengkapi dengan janji-janji Tuhan di dalamnya.

Pemazmur menyatakan hal ini seperti yang dikatakannya: "Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintahNya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati. Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap untuk selamanya." (Mazmur 112:1-3). Jadi kebahagiaan orang yang takut akan Tuhan bukan hanya dalam perasaannya seperti kebahagiaan orang dunia, tetapi kebahagiaan di mana perbuatan yang besar dari tangan kasih Allah menyertai dia sampai pada keturunannya.

Karena itu, kita berani berkata bahwa kita adalah bahagia. Tidak untuk menyombongkan diri, tetapi kita berbicara mengenai kebenaran firman Tuhan. Terlebih kita saat sudah menjadi anak-anak Allah, yang semata-mata karena karunia Allah, seperti ada tertulis: "Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu." (Yohanes 15:16a). Jujur saja, semua orang kalau dipilih oleh seorang raja atau penguasa untuk menjadi anaknya, kita pasti bangga dan bahagia.
 
Apalagi jika yang memilih kita adalah Allah, Pencipta langit dan bumi dan isinya. Ada hal lain yang membuat kita memang benar-benar bahagia, yaltu Allah tidak pernah mengurangi berkatnya sampai pada keturunan-keturunan kita karena kita sangat menghormati Dia, takut akan Dia dan selalu mentaati apa yang Tuhan perintahkan kepada kita. Paulus menyatakan dengan sangat jelas: "Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga." (Efesus 1:3).

Oleh sebab itu, jangan main-main lagi dengan ibadah kita.

Renungan Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar